CampuranIdeal

Campuran ideal adalah sebuah campuran yang menaati hukum Raoult.        Suatu larutan dikatakan ideal, jika mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Homogen pada seluruh kisaran komposisi dari system, mulai dari fraksi mol nol sampai dengan satu (0<x<1).
  2. Pada pembentukan larutan dari komponennya, tidak ada perubahan entalpi (∆H campuran = 0), artinya panas larutan sebelum dan sesudah pencampuran adalah sama.
  3. Perubahan volume campuran adalah sama dengan nol (V campuran = 0), artinya jumlah volume larutan sebelum dan sesudah pencampuran adalah sama.
  4. Memenuhi hukum Raoult.

  Suatu larutan dianggap bersifat ideal, karena didasarkan pada kekuatan relative dari gaya tarik-menarik antara molekul solute dengan solventnya. Larutan atau campuran ideal adalah larutan yang gaya tarik-menarik antara molekul-molekul sama dengan gaya tarik-menarik molekul-molekul dari solute dan solventnya masing-masing.

Campuran ideal dan gaya intermolekuler

Dalam sebuah larutan A ketika diberikan kalor, ada beberapa molekul yang berenergi besar dapat menggunakan energinya untuk mengalahkan daya tarik intermolekuler permukaan cairan dan melepaskan diri untuk kemudian menjadi uap.
Semakin kecil daya intermolekuler, semakin banyak molekul yang dapat melepaskan diri pada suhu tertentu.

Dalam larutan B ketika diberikan kalor, hal yang sama juga terjadi, sebagian dari molekul-molekul yang ada akan mempunyai energi yang cukup untuk melepaskan diri dari permukaan larutan.

Dikatakan campuran ideal yaitu apabila kedua jenis zat cair ini dicampurkan, maka kecenderungan molekul yang beeenergi tinggi untuk melepaskan diri dan menjadi uap dari kedua jenis zat cair ini tidak berubah. Dimana jumlah molekul zat yang melepaskan diri menjadi uap pada saat masih dalam sesama jenis sama dengan jumlah molekul yang menjadi uap pada saat kedua zat dicampurkan. KECENDERUNGAN melepaskan diri ini berhubungan dengan kuatnya ikatan, dengan kata lain campuran ideal yaitu campuran yang memiliki ikatan antar molekul suatu larutan sama dengan ikatan antar molekul sebelum menjadi campuran

Hubungan hukum raoult dengan campuran ideal.

Tekanan uap parsial berbanding lurus dengan fraksi mol, semakin besar fraksi mol semakin besar pula tekanan uap parsialnya. Fraksi mol berhubungan dengan banyaknya zat terlarut yang terdapat dalam larutan tersebut. Maka dapat disimpulkan semakin banyak molekul yang terdapat dalam molekul maka semakin besar tekanan uapnya.

Tekanan uap itu sendiri berbanding lurus dengan kuatnya ikatan intermolekul yang telah dijelaskan sebelumnya pada campuran ideal. Semakin besar ikatan antar molekul maka semakin sedikit molekul yang dapat berubah menjadi uap sehingga tekanan uapnya kecil, sedangkan apabila ikatan intra molekulnya kecil makin banyak molekul yang melepaskan diri menjadi uap dan tekanan uapnya besar.

Titik didih adalah suhu dimana tekanan uap sama dengan tekanan atmosfer. Untuk tekanan uap rendah diperlukan suhu lebih agar tekanannya sama dengan tekanan atmosfer, sedangkan tekanan uap tinggi tidak perlu memerlukan suhu tinggi untuk membuat tekanan uapnya sama dengan tekanan atmosfer.

Titik didih ini diperlukan dalam proses destilasi, dimana destilasi merupakan metode pemisahan dan pemurnian zat cari berdasarkan perbedaan titik didih, yang memiliki titik didih rendah akan menguap terlebih dahulu dan berubah menjasi destilat setelah diembunkan dan yang memiliki titik didih tinggi akan menguap paling terakhir.

Jadi hukum raoult dapat digunakan untuk menjelaskan proses destilasi.

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi destilasi :

  1. jenis larutan. Setiap larutan mempunyai tekanan uap dan titik didih yang berbeda sehingga proses destilasi dan jenis destilasi yang dilakukan pada tiap larutan dapat berbeda-beda
  2.  volume larutan, 
  3.  Suhu
  4.  dan tekanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s